Kiat Cegah Sakit di Musim Pancaroba


Musim pancaroba terjadi hanya pada masa peralihan. Perubahan suhu udara banyak berpengaruh pada tubuh, karena tubuh manusia secara otomatis akan berusaha keras menyesuaikan dengan temperatur sekitar.

Saat itu pula imunitas yang baik sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun, jika imunitas berkurang, akan timbul banyak orang yang sakit pada musim pancaroba. Penyakit lain yang sering menyerang tubuh di musim peralihan ini adalah flu, batuk, pilek, demam, radang tenggorokan, masuk angin, influenza dan tifus abdominalis.

Kemunculan penyakit-penyakit tersebut kasusnya menjadi tinggi pada awal perubahan musim, karena banyaknya bakteri atau virus yang mencemari lingkungan sekitar ditambah menurunnya daya tahan tubuh manusia.

Ada beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi timbulnya penyakit-penyakit pancaroba, di antaranya adalah menjaga kebersihan makanan dan minuman, membersihkan tangan secara baik sesudah buang air atau menjelang makan.

Juga berhati-hati mengonsumsi makanan, jangan jajan sembarangan, minum air bersih dan matang, makan makanan yang bergizi dan seimbang, istirahat yang cukup serta hidup yang teratur, untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kebersihan lingkungan, memberantas lalat, nyamuk, kecoa, serta semut.

Bila terjadi keluhan yang serius, tentu saja segera pergi ke puskesmas, dokter atau rumah sakit terdekat.(INFOPENTING.com)

0 komentar:

Posting Komentar