Antiseptik Triclosan Bisa Menyebabkan Gagal Jantung

Mencuci Tangan  
pada awalnya Triclosan mulai diperkenalkan pada tahun 70-an. Triclosan kemudian menjadi semakin populer sebagai bahan antiseptik pada sabun antibakteri, deodoran, pasta gigi, dan obat kumur. Namun, sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences menemukan bahwa Triclosan mampu melemahkan kontraksi otot jantung dan otot lainnya, sehingga bahan kimia ini berpotensi menyebabkan penyakit jantung dan gagal jantung.
Penelitian ini muncul karena mulai banyak literatur yang mempertanyakan masalah kesehatan yang dapat ditimbulkan dari bahan kimia ini.
Penelitian tersebut menyebutkan paparan Triclosan satu jam sebelumnya dapat mengurangi kekuatan gengaman tikus sebanyak 18 persen sama halnya dengan penurunan fungsi jantung sebanyak 25 persen. Paparan Triclosan juga dapat secara signifikan menurunkan aktifitas berenang dari ikan Fathead Minnows.
Meskipun demikian, tidak berarti Triclosan dapat langsung menyebabkan gagal jantung pada manusia. Sebagian besar orang mampu memetabolisme Triclosan dengan cepat dan mengeluarkannya melalui urin.
Bagaimanapun juga ilmuwan menaruh perhatian pada potensi Triclosan dalam melemahkan otot jantung, seandainya ada pasien dengan fungsi jantung tinggal 50 persen dan Triclosan mampu mengurangi kekuatan sebesar 10 persen, maka hal itu akan sangat berbahaya bagi si pasien.
Selanjutnya ilmuwan menyarankan untuk lebih baik menggunakan produk disinfektan yang berbahan dasar alkohol.

0 komentar:

Posting Komentar