Hewan Ini Gigitannya Mengalahkan Gigitan T-rex




Piranha hitam yang memiliki ukuran tubuh kecil sekitar 20 cm ternyata gigitannya mengalahkan monster prasejarah seperti Megalodon paus penguyah, bahkan hiu besar.


Ikan kecil ini dapat mengerahkan kekuatan gigitan hingga 30 kali berat badanya. Otot rahang yang sangat besar memungkinkan piranha hitam menggigit dengan kekuatan luar bisa yang tidak bisa ditandingi makhluk lain di dunia.


Hewan lain seperti hiu putih besar, hyena dan buaya bisa memberikan gigitan yang lebih kuat tapi kemampuan mereka menjadi tidak mengesankan bila dilihat dalam kaitannya dengan ukuran tubuh mereka secara keseluruhan dan berat badannya, kata para peneliti.


Bahkan kekuatan gigitan bila dibandingkan dengan berat tubuh, maka piranha hitam dapat mengungguli monster prasejarah seperti Tyrannosaurus rex (T-Rex)dan Megalodon paus pengunyah, kata studi tersebut.


Ikan yang mempunyai ukuran panjang antara 20-37 cm ini sangat mudah melakukan gigitan defensif pada benda keras seperti gadget, tulis tim peneliti dari Amerika Serikat, Mesir dan Brasil pada sebuah jurnal penelitian.

Kekuatan gigitan piranha hitam ketika diukur para ahli menghasilkan tenaga 320 newton (N), hampir tiga kali lebih besar daripada yang diberikan oleh buaya Amerika dengan perbandingan ukuran badan, kata studi tersebut.


Satu newton adalah gaya yang dibutuhkan untuk memindahkan massa satu kilogram pada jarak satu meter per detik kuadrat.


Piranha hitam memiliki otot rahang luar besar dan tuas penutupan rahang dengan bentuk sempurna untuk melakukan gigitan kuat dan cepat, kata tim peneliti.

Piranha hitam bahkan bisa menggigit lebih keras daripada T-rex.



Tim peneliti ini juga menggunakan data yang mereka kumpulkan untuk memperkirakan kekuatan gigitan Megapiranha paranensis yang telah punah, dan teryata mereka memiliki kekuatan gigitan antara 1.240 – 4.749 N.


Ikan Megapiranha paranensis hidup di periode Miosen ini punah pada sekitar lima juta tahun yang lalu. Ikan piranha purba ini memiliki panjang 70 sentimeter dan berat sekitar 10 kilogram, kata tim peneliti.


Sumber

0 komentar:

Posting Komentar