Ini Dia Kebiasaan Orang Sukses


Gudang ilmu keren: Anda bisa mengasah pikiran dengan pengetahuan hingga meraih jenjang pendidikan tertinggi, tetapi bila tidak dipancarkan, kelebihan itu tak akan pernah ada yang tahu. Salah satu bagian dari sukses adalah rekognisi dari orang lain. Anda hanya bisa diperhitungkan bila memiliki kelebihan yang baik dan diketahui orang.

Coba simak cara-cara yang disarankan Askmen.com di bawah ini untuk menunjukkan kelebihan Anda tanpa harus bersikap sombong:

1. Utarakan kelebihan tanpa terang-terangan
Bila Anda membangga-banggakan prestasi dan barang-barang mahal yang dimiliki, besar kemungkinan, hormat dari orang-orang di sekeliling akan lenyap dalam sekejap.

Bila ingin orang tahu mengenai kelebihan, pengalaman hebat, prestasi, atau hal-hal lain yang Anda miliki, cobalah untuk menyelipkan informasinya saat sedang berdialog, jangan sampai terlihat seperti menyombongkan diri.

Utarakan hal-hal tentang Anda itu dengan kalimat yang sesuai konteks dan singkat, tanpa perlu banyak embel-embel cerita, kecuali ditanya.

Pastikan pula, jangan sampai perbincangan hanya tentang Anda. Berikan pujian kala diperlukan. Dengan menghormati dan memberi respek kepada kesuksesan orang lain, berarti Anda mengundang pujian pula dari orang tersebut.

2. Komunikator yang baik
Anda perlu kata-kata yang tepat untuk memastikan komunikasi memiliki arti yang tepat, serta menghalau ruang untuk misinterpretasi oleh orang yang kerap menunjuk kekurangan orang lain.

Pilihlah kata-kata dengan sangat baik. Pilih yang spesifik dan perhatikan konteksnya. Kata-kata bisa berkembang menjadi banyak arti bila salah digunakan. Selalu upayakan untuk mengatakan hal-hal yang jelas dan nyata untuk memastikan. Bila Anda tak punya hal positif untuk dikatakan ke orang lain, lebih baik tak usah dibicarakan.

Simak isi omongan orang lain. Benar-benar dengarkan. Jangan asal mengangguk supaya si orang cepat kelar bicara. Dengarkan orang bicara, siapa tahu ia punya informasi berguna untuk Anda. Kadang, ada hal penting pula yang terselip di dalam gosip.

3. Tuntaskan dengan sopan
Bila Anda benar-benar harus mengakhiri perbincangan, lakukan dengan sopan dan anggun. Jangan terlalu banyak alasan, karena kesannya justru seperti berbohong.

4. Ketahui hal-hal yang menarik bagi "kalangan atas"
Orang sukses umumnya paham hal-hal yang menjadi bahasan kalangan atas, biasanya hal yang berhubungan dengan kultur atau budaya tertentu. Jadi, jangan malas untuk memperkaya ilmu, sejarah, musik, buku, budaya, dan lain sebagainya.

5. Kesopanan
Kesopanan dan keanggunan masih diperhitungkan banyak orang. Kesopanan dasar masih dibutuhkan supaya dinilai baik oleh orang lain. Ucap "terima kasih"/"maaf", tidak menggunakan kata-kata kasar, menatap mata orang saat bicara dengan orang lain, dan sebagainya.

6. Bicara di depan umum
Upayakan untuk berani bicara di depan umum. Bila diminta bicara di depan orang banyak, coba lakukan. Bila Anda bisa nyaman bicara di depan umum, orang banyak akan langsung melihat sisi kecerdasan. Pembicara di depan umum masih sangat jarang, karenanya, orang yang berani bicara di depan orang akan selalu dianggap sebagai orang yang percaya diri dan tenang.

7. Jaga jaringan
Makin banyak orang yang Anda kenal, makin besar kesempatan untuk memperkenalkan diri. Namun, selalu pikirkan jaringan dalam hal citra, dikenal banyak orang menunjukkan, Anda disukai dan dicari orang. Untuk menjaga jaringan, butuh usaha. Anda harus bisa membalas telepon dan email dengan cepat. Harus menjaga kepercayaan orang dan dipercaya.

Bicara dengan banyak orang setiap hari, akan memberi banyak hal baru. Dari penjual makanan di kantin, rekan kerja dari divisi lain, dan lainnya bisa jadi potensi koneksi bagus.

Jangan sungkan pula untuk membantu orang lain, tentu jangan mengharap balasan. Meski memang, ada kemungkinan, kebaikan itu berbalas berkali lipat di kemudian hari.

8. Melancong
Perkaya pandangan dan pengetahuan dengan melancong ke berbagai tempat yang baru. Berkelana menunjukkan Anda punya keingintahuan yang besar terhadap dunia. Orang yang banyak bepergian punya banyak cerita yang bisa dibagi. Tipe seperti ini cenderung berpikiran terbuka dan jarang terperangkap dalam pemikiran ideal fanatik berlebihan.

9. Sikap positif
Sebagai orang yang positif, Anda akan menarik perhatian banyak orang dan menjadi inspirasi. Hal ini juga menunjukkan kepercayaan diri dan mengkontrol masa depan.

Jangan terlalu sering berpikiran negatif dan khawatir akan segala hal. Hanya khawatir tak akan menyelesaikan apa pun.

10. Berpakaian dengan baik
Penampilan fisik adalah hal pertama yang dilihat orang dari Anda. Hal ini pula yang akan dinilai orang lain pada Anda. Jadi, pastikan penampilan Anda cukup baik dinilai orang. Bila perlu, contek gaya di majalah atau katalog untuk tips bergaya.

11. Perkaya informasi
Orang yang sukses selalu mengisi diri dengan informasi penting dan terkini. Ia juga punya pendapat yang cerdas tentang hal-hal yang sedang terjadi di sekelilingnya dan di dunia. Jadi, pastikan Anda selalu memperkaya diri dengan informasi dengan rajin membaca berita di waktu yang memungkinkan.


(vivaforum)

0 komentar:

Posting Komentar